PENGEMBANGAN E-MODUL POLIMER DALAM LARUTAN, PADATAN, DAN AMORF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan E-Modul polimer dalam larutan, padatan, dan amorf berbasis pembelajaran berbasis masalah yang valid, praktis dan efektif. Pada penelitian ini digunakan model penelitian 4S- TMD (Four Steps Teaching Material Development) yang terdiri dari empat tahap, yaitu seleksi, strukturisasi, karakterisasi, dan reduksi didaktik. Setelah dilakukan uji validitas materi yang dilakukan oleh dua orang dosen ahli materi. Didapat nilai validasi materi sebesar 0,96; validasi pedagogik 1; dan validasi desain 1. Kepraktisan E-Modul ini dibuktikan dengan mendapat nilai rata-rata sebesar 95,7%, yang tergolong sangat praktis. Selain itu, uji keefektifan dengan menggunakan nilai N-Gain mencapai 0,91 (kategori tinggi). Berdasarkan nilai tersebut menunjukkan bahwa E-Modul polimer dalam larutan, padatan, dan amorf berbasis pembelajaran berbasis masalah yang dihasilkan telah mencapai kriteria valid praktis dan efektif.