Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Pre Lecture Quiz

Authors

  • Ratu Betta Rudibyani Universitas Negeri Lampung

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v6i2.10168

Abstract

Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pre Lecture Quiz   Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan  peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui  penerapan pre lecture quiz.  Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling, dan diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen serta kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol.    Analisis data ketrampilan berpikir kreatif siswa dilakukan dengan menghitung nilai pretes dan postes.  Data yang diperoleh kemudian dianalisis, dengan menghitung n-Gain. Hasil perhitungan, diperoleh rata-rata n-Gain keterampilan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen memiliki kriteria “tinggi”, sedangkan pada kelas kontrol memiliki kriteria “sedang”. Berdasarkan hasil perhitungan dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi larutan penyangga dapat ditingkatkan melalui penerapan pre lecture quiz.  

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-12-22

How to Cite

Rudibyani, R. B. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Pre Lecture Quiz. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 6(2), 85–104. https://doi.org/10.36706/jppk.v6i2.10168

Issue

Section

Articles