Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Pre Lecture Quiz
DOI:
https://doi.org/10.36706/jppk.v6i2.10168Abstract
Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pre Lecture Quiz Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui penerapan pre lecture quiz. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling, dan diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen serta kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Analisis data ketrampilan berpikir kreatif siswa dilakukan dengan menghitung nilai pretes dan postes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis, dengan menghitung n-Gain. Hasil perhitungan, diperoleh rata-rata n-Gain keterampilan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen memiliki kriteria “tinggi”, sedangkan pada kelas kontrol memiliki kriteria “sedang”. Berdasarkan hasil perhitungan dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi larutan penyangga dapat ditingkatkan melalui penerapan pre lecture quiz.