ULASAN: KAJIAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MELALUI PRAKTIKUM DARI BAHAN ALAM

Authors

  • Murtihapsari - Murtihapsari Universitas Papua https://orcid.org/0000-0001-6014-6827
  • Yunita Pare Rombe Universitas Papua
  • Nesiana Monica Naa Universitas Papua
  • Radite - Yogaswara Universitas Papua

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v9i1.15375

Abstract

Kimia dikenal sebagai salah satu dari beberapa mata pelajaran yang mempelajari bahan alam. Pembelajaran melalui eksperimen atau praktikum bertujuan untuk mengetahui bahan dari alam dan lingkungan sekitar. Ulasan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik yang kemudian diarahkan untuk meningkatkan khasanah metode pembelajaran yang aktif, menyenangkan, kreatif, dan memotivasi peserta didik dalam proses belajar mengajar. Ulasan ini disusun berdasarkan publikasi ilmiah nasional terakreditasi yang dikumpulkan untuk melihat data keberhasilan peserta didik dalam memperoleh nilai mata pelajaran kimia melalui metode praktikum bahan alam. Berdasarkan beberapa literatur menunjukkan bahwa melalui metode pembelajaran ini, nilai peserta didik mengalami peningkatan rata-rata lebih dari 50%. Berdasarkan bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode praktikum dari bahan alam dengan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan, kemampuan pemecahan masalah, pengetahuan dan keterampilan kerja serta meningkatkan hasil belajar peserta didik. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Murtihapsari - Murtihapsari, Universitas Papua

Jurusan Pendidikan Kimia

Yunita Pare Rombe, Universitas Papua

Jurusan Pendidikan Kimia

Nesiana Monica Naa, Universitas Papua

Jurusan Pendidikan Kimia

Radite - Yogaswara, Universitas Papua

Jurusan Pendidikan Kimia

Published

2022-06-29

How to Cite

Murtihapsari, M. .-., Rombe, Y. P., Naa, N. M., & Yogaswara, R. .-. (2022). ULASAN: KAJIAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MELALUI PRAKTIKUM DARI BAHAN ALAM. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.36706/jppk.v9i1.15375

Issue

Section

Articles