PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MAHASISWA DI PRODI PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNSRI

Authors

  • Effendi Nawawi [Scopus ID: 57191268624], Chemistry Education Study Program in Sriwijaya University
  • Kodri Madang
  • Ketang wiyono
  • Hapizah Hapizah
  • Yenny Anwar

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v8i2.16579

Abstract

Pandemi Covid-19 berakibat pada perubahan kegiatan pembelajaran diantaranya kebijakan pemerintah tentang Belajar dari Rumah. Pembelajaran daring yang terjadi secara tiba-tiba sangat berdampat pada hasil belajar, baik pada tingkat sekolah menengah sampai pada mahasiwa di peruruan tinggi. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis seberapa besar pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar mahasiswa tahun kedua Program Studi Pendidikan Kimia. Sampel yang diambil seluruh mahasiswa program studi pendidikan kimia tahun kedua sebanyak 33 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket dilakukan secara daring (google form) dan nilai hasil belajar komulatif semester genap tahun pertama berupa IPK. Uji keabsahan instrumen angket dengan validasi ahli, uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa Berdasarkan tabel output diketahui Asymp. Sig (2-sided) pada uji Pearson Chi-Square adalah sebesar 0,745. Karena nilai Asymp. Sig (2-sided) 0,7450 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat diartikan bahwa “ Tidak terdapat hubungan antara pembelajaran daring dengan hasil belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia FKIP Unsri”. Hal ini juga dapat diartikan bahwa pembelajaran daring tidak mempengaruhi hasil belajar mahasiswa atau Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia FKIP Unsri.

Kata Kunci: Pembelajaran daring, hasil belajar, Era Pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Effendi Nawawi, [Scopus ID: 57191268624], Chemistry Education Study Program in Sriwijaya University

Lecturer in Chemistry Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Sriwijaya University

Published

2022-06-18

How to Cite

Nawawi, E., Madang, K., wiyono, K., Hapizah, H., & Anwar, Y. (2022). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MAHASISWA DI PRODI PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNSRI. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 8(2), 135–144. https://doi.org/10.36706/jppk.v8i2.16579

Issue

Section

Articles