PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM DALAM PERKULIAHAN KIMIA DASAR SAAT PANDEMI COVID-19

Authors

  • Eliyarti Eliyarti Universitas Ekasakti Padang
  • chichi Rahayu Universitas Ekasakti Padang

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v9i1.17092

Abstract

Pandemi COVID-19 memberikan dampak pada kebijakan bidang pendidikan di Indonesia. Pembelajaran dilaksanakan dari rumah (learning from home) menggantikan proses tatap muka di kelas. Penggunaan teknologi menjadi sandaran agar pembelajaran secara daring dapat direalisasi. Aplikasi Zoom merupakan salah satu teknologi yang banyak digunakan dalam perkuliahan saat pandemi Covid-19. Jenis  penelitian  ini  deksriptif  kuantitatif  yang  bertujuan  untuk mendeskripsikan  persepsi mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi zoom dalam perkuliahan Kimia Dasar saat pandemi covid-19. Sampel penelitian ini mahasiswa tingkat I Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Ekasakti dalam perkuliahan Kimia Dasar semester ganjil 2020/2021 berjumlah 80 orang yang dipilih  dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpul data digunakan teknik nontes berupa kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa mahasiswa yang memberikan respon positif terhadap penggunaan aplikasi Zoom lebih banyak daripada yang memberikan respon negatif.  Secara keseluruhan rata-rata persentase mahasiswa yang memberikan respon positif sebesar 67% dengan kategori cukup, sedangkan rata-rata persentase mahasiswa yang memberikan respon negatif sebesar 33% dengan kategori kurang sekali. Hal ini menunjukan penggunaan aplikasi Zoom dalam perkuliahan Kimia Dasar mampu menunjang kegiatan perkuliahan. Penggunaan aplikasi Zoom membantu mahasiswa lebih termotivasi mengikuti perkuliahan saat pandemi COVID-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-06-29

How to Cite

Eliyarti, E., & Rahayu, chichi. (2022). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM DALAM PERKULIAHAN KIMIA DASAR SAAT PANDEMI COVID-19. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 9(1), 42–51. https://doi.org/10.36706/jppk.v9i1.17092

Issue

Section

Articles