PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR

Authors

  • Iis Marlina UIN Raden Fatah Palembang
  • Amilda Amilda Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Etrie Jayanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang https://orcid.org/0000-0003-0174-5445

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v9i1.18090

Abstract

Pengembangan LKPD berbasis learning cycle 5E pada materi struktur atom dan sistem periodik unsur didasarkan pada permasalahan di salah satu Madrasah Aliyah Negeri di Kota Palembang terkait perlunya bahan ajar berupa LKPD yang dapat menunjang proses belajar peserta didik. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis learning cycle 5E pada materi struktur atom dan sistem periodik unsur yang valid dan mengetahui respon peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis learning cycle 5E pada materi struktur atom dan sistem periodik unsur. Penelitian ini merupakan penelitian R&D, dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap development. Penelitian ini melibatkan validator ahli media/design  dan ahli materi serta 6 orang peserta didik pada uji coba one to one dan 20 orang peserta didik pada uji coba small group. Hasil validasi dari ahli media/desain memperoleh persentase 90% dengan kategori sangat valid dan hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 84.46% dengan kategori sangat valid juga. Hasil respon peserta didik terhadap pada uji one to one diperoleh persentase 88.7% dan untuk uji small group diperoleh persentase 88.44%. Keduanya terdapat pada kategori sangat menarik. Dengan demikian LKPD dinyatakan valid dan sangat menarik digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-06-29

How to Cite

Marlina, I., Amilda, A., & Jayanti, E. (2022). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 9(1), 93–103. https://doi.org/10.36706/jppk.v9i1.18090

Issue

Section

Articles