EFEKTIVITAS DAN VALIDITAS MODUL KIMIA PENDEKATAN STEM-PBL, TOPIK WIRAUSAHA TAHU
DOI:
https://doi.org/10.36706/jppk.v9i2.18750Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran kimia pendekatan STEM—PBL,topik Penambahan Bubuk Kunyit Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tahu dan topik lainnya pada mata kuliah Kewirausahaan yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, desaign, Development, Implementation, Evaluation) dan dievaluasi dengan metode formatif Tessmer. Tahapan evaluasi formatif Tessmer dalam penelitian ini meliputi self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Hasil tahap expert review didapat skor rata-rata kevalidan sebesar 0.96 Skala Aiken dengan kategori tinggi. Untuk skor akhir kepraktisan didapatkan dari uji coba one-to-one sebesar 0.94 Skala Aiken (praktis) dan small group 0,95 Skala Aiken (praktis). Hasil uji field test sebagai uji efektivitas didapatkan Gain skor hitung 0,82 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan telah memenuhi kriteria efektif, valid, dan praktis. Disarankan modul ini dapat dijadikan satu alternatif bahan ajar mata kuliah kewirausahan.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-12-25
How to Cite
W, K. A., Yananda, D., & Suhery, T. (2022). EFEKTIVITAS DAN VALIDITAS MODUL KIMIA PENDEKATAN STEM-PBL, TOPIK WIRAUSAHA TAHU. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 9(2), 104–119. https://doi.org/10.36706/jppk.v9i2.18750
Issue
Section
Articles