EFEKTIVITAS DAN VALIDITAS MODUL KIMIA PENDEKATAN STEM-PBL, TOPIK WIRAUSAHA TAHU

Authors

  • K Anom W [SINTA ID: 5998623], Chemistry Education Study Program in Sriwijaya University
  • Dikki Yananda
  • Tatang Suhery

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v9i2.18750

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran kimia pendekatan STEM—PBL,topik Penambahan Bubuk Kunyit Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tahu dan topik lainnya pada mata kuliah Kewirausahaan yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, desaign, Development, Implementation, Evaluation) dan dievaluasi dengan metode formatif Tessmer. Tahapan evaluasi formatif Tessmer dalam penelitian ini meliputi self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Hasil tahap expert review didapat skor rata-rata kevalidan sebesar 0.96 Skala Aiken dengan kategori tinggi. Untuk skor akhir kepraktisan didapatkan dari uji coba one-to-one sebesar 0.94 Skala Aiken (praktis) dan small group 0,95 Skala Aiken (praktis). Hasil uji field test sebagai uji efektivitas didapatkan Gain skor hitung 0,82 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan telah memenuhi kriteria efektif, valid, dan praktis. Disarankan modul ini dapat dijadikan satu alternatif bahan ajar mata kuliah kewirausahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

K Anom W, [SINTA ID: 5998623], Chemistry Education Study Program in Sriwijaya University

Lecturer in Chemistry Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Sriwijaya University

Published

2022-12-25

How to Cite

W, K. A., Yananda, D., & Suhery, T. (2022). EFEKTIVITAS DAN VALIDITAS MODUL KIMIA PENDEKATAN STEM-PBL, TOPIK WIRAUSAHA TAHU. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 9(2), 104–119. https://doi.org/10.36706/jppk.v9i2.18750

Issue

Section

Articles