PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DI SMA NEGERI 2 TANJUNG RAJA

Authors

  • Fefti Asnia
  • Jejem Mujamil
  • M. Hadeli

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v1i2.1889

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia dengan menerapkan strategi pembelajaran tipe Active Knowledge Sharing dikelas XI IPA3 SMA Negeri 2 Tanjung Raja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes akhir siklus. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui keaktifan siswa dan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Rata-rata keaktifan siswa dalam kelompok pada siklus I 66,76 %, pada siklus II 74,87 % dan pada siklus III 85,56 %. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan (T0) yaitu 69,25 ( 32,14%), rata-rata tes siklus I (T1) adalah 74,64 (53,57%), nilai rata-rata pada siklus II (T2) adalah 83,33 (81,48%) dan nilai rata-rata pada siklus III (T3) adalah 87,85 (89,28%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapkan strategi pembelajaran tipe Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kimia siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Asnia, F., Mujamil, J., & Hadeli, M. (2015). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DI SMA NEGERI 2 TANJUNG RAJA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 1(2), 126–130. https://doi.org/10.36706/jppk.v1i2.1889

Issue

Section

Articles