PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 TANJUNG RAJA

Authors

  • Irma Tiara Sriwijaya University
  • H. Sanjaya
  • Rodi Edi

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v1i2.1894

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model cooperative script terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X di SMA Negeri 3 Tanjung Raja. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebasnya adalah model cooperative script dan variabel terikatnya adalah hasil belajar kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Tanjung Raja dan sampel penelitian yaitu siswa kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X3 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diambil dari data tes siswa, rata-rata hasil posttes siswa kelas eksperimen sebesar 75,81 dan rata-rata hasil posttes siswa kelas kontrol sebesar 61,04.  Data tes dianalisis menggunakan uji t pihak kanan pada taraf signifikan 5% dengan syarat tolak H0 apabila thitung>ttabel, hasil yang diperoleh thitung = 6,409 lebih besar dari pada ttabel. Dengan demikian H0 ditolak  artinya ada pengaruh positif dan signifikan antara penerapan model cooperative script terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 3 Tanjung Raja.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2015-02-19

How to Cite

Tiara, I., Sanjaya, H., & Edi, R. (2015). PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 TANJUNG RAJA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 1(2), 156–164. https://doi.org/10.36706/jppk.v1i2.1894

Issue

Section

Articles