PROFIL MISKONSEPSI SISWA SMA PADA MATERI HIDROKARBON MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK PILIHAN GANDA DUA TINGKAT
DOI:
https://doi.org/10.36706/jppk.v1i2.1898Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil miskonsepsi siswa di tiga kluster SMA yang berbeda di kota Bandung pada materi hidrokarbon. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan sampel yang terlibat sebanyak 136 siswa SMA kelas XI dari tiga kluster di kota Bandung, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes diagnostik pilihan ganda dua tingkat hasil penelitian sebelumnya yang berjudul “Pengembangan Tes Diagnostik Pilihan Ganda Dua Tingkat untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa SMA Kelas X pada Materi Hidrokarbonâ€. Penemuan dari penelitian ini adalah: (1) soal yang dinyatakan valid dari 18 butir soal setelah dilakukan validasi ulang adalah sebanyak 13 butir soal, dengan CVI 0,80, sedangkan reliabilitas sebesar 0,65; (2) tiga kluster mengalami miskonsepsi pada seluruh konsep yang diujikan, dan (3) kesamaan miskonsepsi yang dialami tiga kluster untuk persentase >75,0% adalah pada konsep kekhasan atom karbon, ikatan antar atom dalam rantai karbon, rantai tertutup, dan hidrokarbon tak jenuh.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2015-02-19
How to Cite
Siswaningsih, W., Hernani, H., & Rahmawati, T. (2015). PROFIL MISKONSEPSI SISWA SMA PADA MATERI HIDROKARBON MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK PILIHAN GANDA DUA TINGKAT. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 1(2), 200–206. https://doi.org/10.36706/jppk.v1i2.1898
Issue
Section
Articles