Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada materi hidrokarbon untuk siswa kelas XI SMA/Ma

Authors

  • Hestiana Roazah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Ali Amirul Mu’minin

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v9i2.19032

Abstract

Abstrak
Media pembelajaran yang digunakan di dunia pendidikan harus beradaptasi dengan perkembangan komunikasi yang serba digital. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada materi hidrokarbon untuk siswa kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian ini yaitu R & D dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu 20 siswa kelas XI IPA MA Bustanul Muta’allimin Blitar. Teknik pengambilan data dengan wawancara dan penyebaran angket. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil uji validasi produk oleh validator ahli materi menunjukkan skor persentase rata-rata 92,5%, oleh validator ahli media sebesar 81,0%, dan oleh guru kimia sebesar 96,0%. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan skor persentase rata-rata 80,0%. Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada materi hidrokarbon dinyatakan sangat valid dan baik untuk diterapkan pada siswa kelas XI SMA/MA.
Kata kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Articulate Storyline, Hidrokarbon

Downloads

Published

2022-12-25

How to Cite

Roazah, H., & Mu’minin, A. A. (2022). Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada materi hidrokarbon untuk siswa kelas XI SMA/Ma. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 9(2), 151–161. https://doi.org/10.36706/jppk.v9i2.19032

Issue

Section

Articles