Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada materi hidrokarbon untuk siswa kelas XI SMA/ma

Authors

  • Hestiana Nurhadi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Ali Amirul Mu’minin

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v9i2.19051

Abstract

Media pembelajaran yang digunakan di dunia pendidikan harus beradaptasi dengan perkembangan komunikasi serba digital. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan multimedia interaktif berbasis mengartikulasikan alur cerita pada materi untuk siswa kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian ini yaitu R&D dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu 20 siswa kelas XI IPA MA Bustanul Muta'allimin Blitar. Teknik pengambilan data dengan wawancara dan penyebaran angket. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil uji validasi produk oleh validator ahli materi menunjukkan skor persentase rata-rata 92,5%, oleh validator ahli media sebesar 81,0%, dan oleh guru kimia sebesar 96,0%. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan skor persentase rata-rata 80,0%. 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-12-25

How to Cite

Nurhadi, H., & Mu’minin, A. A. (2022). Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada materi hidrokarbon untuk siswa kelas XI SMA/ma. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 9(2), 173–182. https://doi.org/10.36706/jppk.v9i2.19051

Issue

Section

Articles