DESAIN DAN UJI VALIDITAS LKPD BERBASIS KETERAMPILAN ARGUMENTASI DENGAN PENDEKATAN STEM PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Authors

  • Alvindra Ramadhan Universitas Mulawarman
  • Farah Erika
  • Sri Lestari

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v9i2.19080

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan argumentasi peserta didik di SMA Al-Khairiyah Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan LKPD berbasis keterampilan argumentasi dengan pendekatan STEM pada materi larutan penyangga dan menguji validitas LKPD yang dibuat. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 3-D (Define, Design, dan Develop) yang diadaptasi dari model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Desain LKPD disusun dengan memuat indikator STEM (Science, Technology, Engineering, dan Math) disertai lembar jawaban yang merujuk pada indikator keterampilan argumentasi (data, warrant, dan claim). Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD berbasis STEM berbasis keterampilan argumentasi dengan pendekatan STEM pada materi larutan penyangga dinyatakan sangat valid oleh ahli materi, dan hasil validasi oleh ahli media memperoleh kategori sangat valid, serta hasil validasi oleh praktisi memperoleh kategori sangat valid. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis keterampilan argumentasi dengan pendekatan STEM dinyatakan valid sebagai media pembelajaran sehingga dapat dilanjutkan ke tahap uji coba kepada siswa untuk mengetahui efektivitas dan kepraktisan dari LKPD.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-12-25

How to Cite

Ramadhan, A., Erika, F., & Lestari, S. (2022). DESAIN DAN UJI VALIDITAS LKPD BERBASIS KETERAMPILAN ARGUMENTASI DENGAN PENDEKATAN STEM PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.36706/jppk.v9i2.19080

Issue

Section

Articles