Pengembangan E-Modul Berbasis Guided Inquiry Pada Materi Sifat Koligatif Larutan untuk Siswa Kelas XII SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.36706/jppk.v10i1.19932Abstract
Penggunaan bahan ajar kimia khususnya pada materi sifat koligatif larutan masih terbatas bahan ajar cetak, seperti buku paket dan LKS. Selain itu guru belum memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran secara maksimal, seperti mengembangkan sendiri bahan ajar sesuai dengan kebutuhan siswa dan kurikulum K13. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar yang dapat membantu siswa belajar secara aktif dan mandiri, yaitu menggunakan E-Modul berbasis guided inquiry.Tujuan Penelitian ini adalah mengidentifikasi tingkat kelayakan pengembangan E-Modul Berbasis Guided Inquiry pada materi sifat koligatif larutan untuk siswa kelas XII SMA/MA yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D dari S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel. Namun, pada penelitian ini hanya dibatasi hingga tahap ketiga saja, yaitu develop. Hasil Hasil penelitian ini adalah E-Modul yang dikembangkan dinyatakan sangat valid oleh validator ahli materi dengan persentase sebesar 91,8% dan hasil validator ahli media persentase sebesar 95,2% dengan kriteria sangat valid. Sementara itu, angket respon siswa sebesar 84,6% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media, serta respon siswa, terhadap E-Modul berbasis guided inquiry pada materi sifat koligatif larutan untuk siswa kelas XII SMA/MA ini dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar bagi siswa dalam proses pembelajaran kimia khususnya pada materi sifat koligatif larutan.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2023-06-27
How to Cite
Widyawati, F., & Ardhana, I. A. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Guided Inquiry Pada Materi Sifat Koligatif Larutan untuk Siswa Kelas XII SMA/MA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.36706/jppk.v10i1.19932
Issue
Section
Articles