PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR KIMIA DASAR MATERI KINETIKA KIMIA BERBASIS STEM-PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS SRIWIJAYA
DOI:
https://doi.org/10.36706/jppk.v10i1.20394Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar kimia dasar berbasis STEM-Problem Based Learning materi kinetika kimia terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Sriwijaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, lembar observasi, dan wawancara. Uji persyaratan analisis pada penelitian ini meliputi uji homogenitas dan normalitas. Uji hipotesis yang dilakukan adalah independent sample t test, dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel. Dari hasil uji t tersebut diperoleh nilai thitung 15,233 > ttabel 1,998, sehingga H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar kimia dasar materi kinetika kimia berbasis STEM-Problem Based Learning memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa, dan dapat secara efektif digunakan dalam proses belajar mengajar.