PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR KIMIA DASAR MATERI KINETIKA KIMIA BERBASIS STEM-PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Authors

  • Siska Putri
  • Tatang Suhery [Scopus ID: 6506758983], Chemistry Education Study Program in Sriwijaya University
  • Diah Kartika Sari
  • Rodi Edi

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v10i1.20394

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar kimia dasar  berbasis STEM-Problem Based Learning materi kinetika kimia terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Sriwijaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, lembar observasi, dan wawancara. Uji persyaratan analisis pada penelitian ini meliputi uji homogenitas dan normalitas. Uji hipotesis yang dilakukan adalah independent sample t test, dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel. Dari hasil uji t tersebut diperoleh nilai thitung 15,233 > ttabel 1,998, sehingga H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar kimia dasar materi kinetika kimia berbasis STEM-Problem Based Learning memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa, dan dapat secara efektif digunakan dalam proses belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Tatang Suhery, [Scopus ID: 6506758983], Chemistry Education Study Program in Sriwijaya University

Professor in Chemistry Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Sriwijaya University

Published

2023-06-27

How to Cite

Putri, S., Suhery, T., Sari, D. K., & Edi, R. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR KIMIA DASAR MATERI KINETIKA KIMIA BERBASIS STEM-PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS SRIWIJAYA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 10(1), 29–40. https://doi.org/10.36706/jppk.v10i1.20394

Issue

Section

Articles