Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Hidrokarbon

Authors

  • Dila Salsabila
  • Buchori Muslim
  • Nanda Saridewi

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v10i1.21027

Abstract

Perkembangan teknologi tidak bisa dihindari lagi di abad 21 ini. Teknologi pendidikan telah menjadi pelengkap utama dalam setiap aktivitas belajar, sehingga muncul inovasi-inovasi baru untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Salah satunya adalah semakin banyaknya variasi media pembelajaran diantaranya mocca, moodle, google classroom, ruang guru, zenius dan edmodo. Edmodo merupakan aplikasi pembelajaran berbasis media sosial yang aman bagi guru dan siswa dan tampilannya mirip dengan facebook untuk memberikan keakraban bagi penggunanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi edmodo terhadap hasil belajar siswa materi hidrokarbon. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 2 Jonggol pada tahun ajaran 2022/2023. Metode dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan nonequivalent pretest-posttest control grup design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa untuk tiap kelasnya. Instrument yang digunakan yaitu tes tertulis dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis (Independent Simple t-Test) diperoleh hasil nilai signifikansi (sig. 2- tailed) sebesar 0,002 < 0,05 sehingga H0 ditolak sedangkan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis aplikasi edmodo terhadap hasil belajar siswa materi hidrokarbon, sehingga aplikasi Edmodo dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-06-27

How to Cite

Salsabila, D., Muslim, B., & Saridewi, N. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Hidrokarbon. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 10(1), 74–82. https://doi.org/10.36706/jppk.v10i1.21027

Issue

Section

Articles