PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI GREEN CHEMISTRY TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA XI MIA MAN 4 JOMBANG PADA MATERI KOLOID

Authors

  • Uhti Prihastuti Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Ali Amirul Mu’minin

Abstract

Abstract

This study aims to determine the effect of guided inquiry learning model oriented green chemistry on scientific literacy and student learning outcomes in colloidal materials. This type of research is quasi experiment with nonequivalent control group design. The technique used in taking samples in this study is purposive sampling. The samples used were Class XI MIA 3 as an experimental class and XI MIA 5 as a control class. Data collection techniques both science literacy and learning outcomes using multiple choice tests and essays. Data analysis techniques using normality test, homogeneity test and manova test. The results of the analysis of normality test, homogeneity test and manova test showed that there were significant differences in scientific literacy and learning outcomes between experimental and control classes. So that there is an effect of the application of green chemistry-oriented guided inquiry learning model on scientific literacy and learning outcomes of Class XI MIA MAN 4 Jombang students on colloidal materials.

Keywords: Guided Inquiry Learning Model, Green Chemistry, Science Literacy, Learning Outcomes.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi green chemistry terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa pada materi koloid. Jenis penelitian ini yaitu quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik yang digunakan dalam mengambil sampel pada penelitian ini purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data baik literasi sains maupun hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda dan essay. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji manova. Hasil analisis uji normalitas, uji homogenitas dan uji manova menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan literasi sains dan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi green chemistry terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa kelas XI MIA MAN 4 Jombang pada materi koloid.

Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Green Chemistry, Literasi Sains, Hasil Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-11-30

How to Cite

Prihastuti, U., & Mu’minin, A. A. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI GREEN CHEMISTRY TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA XI MIA MAN 4 JOMBANG PADA MATERI KOLOID. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 10(2), 134–142. Retrieved from https://jppk.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jurpenkim/article/view/22156

Issue

Section

Articles