PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID KODULAR CHEMEDU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON

Authors

  • Tria - Wahyuni Maritim Raja Ali Haji University
  • Nancy Willian Universitas Sriwijaya
  • Inelda Yulita Universitas Sriwijaya

Abstract

Abstract

Technology in the field of education has become the main complement in every learning activity, so that many variations of learning media are innovated. The learning media that were created varied greatly, including the use of technology on android mobile. The puspose of this study was to determine the effect of using codular android-based learning media on student learning outcomes on hydrocarbons. This research was conducted at SMA Negeri 3 Tanjungpinang in the 2022/2023 academic year. This study uses a quantitative method with the technique of calculating the N-Gain Score. The sample used was 26 studentsof class XI IPA. The instrument used is this type of research using the pretest and posttest one group design research designs. The isntruments used is a written test. The results showed that the pretest obtained an average score of 46.62 while the posttest obtained an average score of 87.27 with a completeness percentage of 84.61% so that codular android-based learning media can be used of learning activities.

Keywords: Android Codular, Mobile Learning Media, Hydrocarbons

 

Abstrak

Teknologi dibidang pendidikan telah menjadi pelengkap utama dalam setiap aktivitas belajar, sehingga banyak variasi media pembelajaran yang diinovasikan. Media pembelajaran yang diciptakan sangat bervariasi diantaranya pemanfaatan teknologi pada android mobile, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis android kodular terhadap hasil belajar siswa materi hidrokarbon. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Tanjungpinang pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik perhitungan N-Gain Score. Sampel yang digunakan adalah 26 siswa kelas XI IPA. Instrumen yang digunakan yaitu Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian Pretest dan Posttest One Group Design. Instrumen yang digunakan yaitu tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pretest memperoleh nilai rata-rata 46,62 sedangkan posttest memperoleh nilai rata-rata 87,27 dengan persentase ketuntasan sebesar 84,61%sehingga media pembelajarannberbasis Android kodular dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

 

Kata kunci: Android Kodular, Media Pembelajaran Seluler, Hidrokarbon

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-11-30

How to Cite

Wahyuni, T. .-., Willian, N., & Yulita, I. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID KODULAR CHEMEDU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 10(2), 143–148. Retrieved from https://jppk.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jurpenkim/article/view/22477

Issue

Section

Articles