PENGEMBANGAN MODUL LAJU REAKSI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DI SMA NEGERI 12 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Laju Reaksi Berbasis Project Based Learning di SMA Negeri 12 Palembang yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan Rowntree terdiri dari tahap perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Untuk tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari tahap self evaluation, expert review, uji one to one, uji small group, dan field test. Validasi modul dilakukan pada tahap expert review dengan ahli pedagogik, materi, dan desain. Hasil validasi yang diperoleh untuk aspek pedagogik sebesar 0,77 dengan kategori tinggi, aspek materi sebesar 0,86 dengan kategori tinggi dan aspek desain sebesar 0,8 dengan kategori tinggi. Rata-rata hasil uji validasi dari ketiga aspek tersebut sebesar 0,81 dengan kategori tinggi. Tahap uji coba one to one diperoleh rata-rata skor kepraktisan sebesar 100 % dengan kategori sangat praktis, sedangkan tahap uji coba small group diperoleh rata-rata skor kepraktisan sebesar 96,5 % dengan kategori sangat praktis. Tahap field test diperoleh n-gain sebesar 0,7 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Modul Laju Reaksi Berbasis Project Based Learning yang dikembangkan termasuk kategori valid, praktis, dan efektif.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2023-11-30
How to Cite
Sukaryawan, M., Agustin, D. S., Ibrahim, A. R., Sari, D. K., Suhery, T., & L, M. H. (2023). PENGEMBANGAN MODUL LAJU REAKSI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DI SMA NEGERI 12 PALEMBANG . Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 10(2), 179–187. Retrieved from https://jppk.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jurpenkim/article/view/23628
Issue
Section
Articles