PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA TOPIK NANOTEKNOLOGI KELAS X SMA IT RAUDHATUL ULUM SAKATIGA
Abstract
This research aims to determine the effect of using online crossword puzzle learning media on student learning outcomes in chemistry subjects, especially nanotechnology topics, in class X SMA IT Raudhatul Ulum Sakatiga. The research method used was a quasi-experiment with a nonquivalent control group design. The results of the research showed that student learning outcomes increased from the pretest average score of 51.84 when they were treated with crossword puzzle media. The score increased to an average of 88.88. After carrying out the analysis using the t-test, there was also a significant influence as evidenced by the results (sign. 2-tailed) namely 0.002 < 0.05, which means that there is an influence from the use of online crossword learning media on student learning outcomes in chemistry subjects with nanotechnology topics.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran teka-teki silang online terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia, khususnya topik nanoteknologi, di kelas X SMA IT Raudhatul Ulum Sakatiga. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain nonquivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pretest 51,84 saat diberikan perlakuan dengan media teka-teki silang nilainya meningkat dengan rata-rata 88,88. Setelah dilakukan analisis menggunakan uji-t juga terdapat pengaruh yang signifikan dibuktikan dengan hasil (sign. 2-tailed) yakni 0,002 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran teka-teki silang online terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia dengan topik nanoteknologi.
Kata-kata kunci: Media pembelajaran, Teka-Teki Silang, Teka-teki silang online, Kimia, Nanoteknologi, Hasil Belajar.