ANALISIS KEBUTUHAN MAHASISWA TERHADAP BAHAN AJAR E-MODUL PADA MATA KULIAH PENGELOLAAN LABORATORIUM KIMIA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Indonesia

Authors

  • Gierrald Abduch Pendidikan Kimia Universitas Sriwijaya
  • Maefa Eka Haryani Universitas Sriwijaya
  • Rodi Edi Universitas Sriwijaya

Abstract

This research was conducted to determine student needs for e-module teaching materials in the chemistry laboratory management course. This research uses a descriptive method. Data collection techniques used questionnaires and interviews using the purposive sampling technique, namely for students who had completed the chemical laboratory management course. The questionnaire used in the study was validated by an expert validator and a sample test was carried out. The results of the sample test carried out the validity test, there were 10 invalid items and the reliability test obtained the result of 0.885. The validated questionnaire was used for data collection and interviews to obtain more information. Based on the results of the study, it was found that 80% of students agreed, 12% of students disagreed and 8% of students doubted that e-module teaching materials were needed in the chemistry laboratory management course, and 97% of students agreed, 0% of students answered that they did not agree and 2% of students doubtful about the need for animation and learning videos in e-modules in the chemical laboratory management course. It is recommended to make a chemical laboratory management e-module.

 

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kebutuhan mahasiswa terhadap bahan ajar e-modul pada mata kuliah pengelolaan laboratorium kimia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara dengan menggunakan Teknik puporsive sampling yaitu kepada mahasiswa yang sudah menyelesaikan mata kuliah pengelolaan laboratorium kimia. Angket yang digunakan dalam penelitian divalidasi oleh validator ahli dan dilakukan uji sampel. Hasil uji sampel dilakukan uji validitas terdapat 10 item tidak valid dan uji realibilitas  didapat hasil 0,885. Angket yang sudah divalidasi digunakan untuk pengambilan data dan wawancara untuk mendapatkan informasi lebih banyak. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan 80% mahasiswa setuju, 12% mahasiswa tidak setuju dan 8% mahasiswa ragu ragu bahwa dibutuhkan bahan ajar e-modul pada mata kuliah pengelolaan laboratorium kimia, dan 97% mahasiswa setuju, 0% mahasiswa menjawab tidak setuju dan 2% mahasiswa ragu ragu dengan dibutuhkan animasi dan video pembelajaran dalam e-modul pada mata kuliah pengelolaan laboratorium kimia. Disarankan untuk melakukan pembuatan e-modul pengelolaan laboratorium kimia.

Kata kunci: Analisis Kebutuhan, E-Modul, Pengelolaan Laboratorium Kimia

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-05-31

How to Cite

Abduch, G., Haryani, M. E., & Edi, R. (2024). ANALISIS KEBUTUHAN MAHASISWA TERHADAP BAHAN AJAR E-MODUL PADA MATA KULIAH PENGELOLAAN LABORATORIUM KIMIA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS SRIWIJAYA: Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 11(1), 56–66. Retrieved from https://jppk.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jurpenkim/article/view/23667

Issue

Section

Articles