PENGARUH KEG DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SISTEM KOLOID

Authors

  • Hasra Jaya Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar, Jl. Dg Tata Raya Makassar
  • Muhammad Danial Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar, Jl. Dg Tata Raya Makassar

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v1i1.2381

Abstract

Pengaruh KEG dalam Pembelajaran Kooperatif TPS terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sistem Kooid. Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif prinsip KEG dalam pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mallusetasi pada materi pokok sistem koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mallusetasi tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 90 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IA1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 30 orang dan kelas XI IA2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 27 orang. Data yang diperoleh berupa pretest dan posttest dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata berturut-turut 77,00 dan 71,83, standar deviasi berturut-turut 7,54 dan 9,75. Hasil analisis diperoleh signifikansi p = 0,000 < α = 0,05. Hal ini menunjukkan H0 ditolak, berarti KEG dalam model pembelajaran kooperatif TPS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Kata kunci: KEG, Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hasra Jaya, Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar, Jl. Dg Tata Raya Makassar

Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar, Jl. Dg Tata Raya Makassar

Muhammad Danial, Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar, Jl. Dg Tata Raya Makassar

Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar, Jl. Dg Tata Raya Makassar

Published

2015-11-21

How to Cite

Jaya, H., & Danial, M. (2015). PENGARUH KEG DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SISTEM KOLOID. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 1(1), 29–34. https://doi.org/10.36706/jppk.v1i1.2381

Issue

Section

Articles