PENGEMBANGAN PERANGKAT ASSESMENT BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS (KGS) PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM KIMIA FISIK II
DOI:
https://doi.org/10.36706/jppk.v1i1.2382Abstract
Pengembangan Perangkat Assesment Berbasis Keterampilan Generik Sains (KGS) pada Mata Kuliah Praktikum Kimia Fisik II. Tujuan Penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan perangkat assessment berbasis keterampilan generik sains pada mata kuliah praktikum kimia fisik II berdasarkan Plomp. Untuk menguji kevalidan perangkat assesmnet digunakan validasi isi (content validity) terhadap dua ahli sebagai validator, sedangkan untuk uji kepraktisannya digunakan angket yang diberikan kepada empat orang asisten yang bertugas pada praktikum kimia fisik II dan tiga orang dosen penanggungjawab praktikum kimia fisik II. Hasil uji validasi isi untuk perangkat assesment pra-praktikum diperoleh koef. Validasi sebesar 1,00, perangkat assessment proses praktikum sebesar 1,00 dan perangkat assessment sebesar 1,00. Secara keseluruhan perangkat assessment berbasis Keterampilan Generik Sains (KGS) dinyatakan valid karena koef validitasnya lebih besar dari 0,75. Rata-rata persentase uji kepraktisan ditinjau dari persepsi asisten adalah 96,23%. Rata-rat uji kepraktisan ditinjau dari respon positif dosen sebesar 94,98%. Berdasarkan kriteria kepraktisan yakni 75% responden memberikan respon positif untuk setiap aspek, maka dapat disimpulkan bahwa perangkat assessment yang telah dikembangkan praktis digunakan.
Key Words: Assesment tools, KGS, and Esperiment of Physical Chemistry II