PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI PERAN TUTOR SEBAYA SISWA KELAS X.A SMA

Authors

  • Marhamah Saumi Program Studi Pendidikan Kimia
  • Sanjaya Sanjaya Program Studi Pendidikan Kimia
  • K. Anom Wancik Program Studi Pendidikan Kimia

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v1i1.2383

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar Kimia melalui Peran Tutor Sebaya Siswa Kelas X.A SMA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X.A SMA Negeri 3 Palembang melalui peran tutor sebaya. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes akhir siklus. Peran tutor sebaya dalam membantu teman lain memahami materi pelajaran dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata siswa dari T0 yaitu 62,27 (30,30%), T1 yaitu 70,46 (50%), T2 yaitu 78,22 (70,97%), dan T3 yaitu 83,17 (86,67%). Dengan demikian bagi guru, sekolah, dan peneliti lain dapat memanfaatkan hasil penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar.

Key Words: Learning Outcomes, Peer Tutor, Chemistry

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Marhamah Saumi, Program Studi Pendidikan Kimia

Program Studi Pendidikan Kima

Sanjaya Sanjaya, Program Studi Pendidikan Kimia

Program Studi Pendidikan Kimia

K. Anom Wancik, Program Studi Pendidikan Kimia

Program Studi Pendidikan Kimia

Published

2015-11-21

How to Cite

Saumi, M., Sanjaya, S., & Wancik, K. A. (2015). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI PERAN TUTOR SEBAYA SISWA KELAS X.A SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.36706/jppk.v1i1.2383

Issue

Section

Articles