REDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP REAKSI REDOKS MELALUI MODEL ECIRR

Authors

  • Wahyu Juli Astuti SMK Negeri 1, Jl. Pupuk Raya No.2 Bontang Kalimantan Timur
  • Suyono Suyono Universitas Negeri Surabaya, Jl. Ketintang, Surabaya 60231
  • Sri Poedjiastoeti Universitas Negeri Surabaya, Jl. Ketintang, Surabaya 60231

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v1i1.2387

Abstract

Implementasi model ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, dan Reinforce) dalam mereduksi miskonsepsi siswa pada konsep reaksi redoks. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 3, X IPA 5, dan X IPA 7 SMA Negeri 1 Sidoarjo. Penelitian dilakukan dengan menggunakan rancangan one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan adalah three-tier diagnostic test untuk menentukan miskonsepsi siswa. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan pembelajaran remedial dengan menggunakan model ECIRR telah berhasil menggeser miskonsepsi siswa menuju tahu konsep sebanyak 97% (X IPA 3), 96% (X IPA 5), dan 97% (X IPA 7), dan meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan.

Keywords: reduction, misconception, redox, ECIRR.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wahyu Juli Astuti, SMK Negeri 1, Jl. Pupuk Raya No.2 Bontang Kalimantan Timur

SMK Negeri 1, Jl. Pupuk Raya No.2 Bontang Kalimantan Timur

Suyono Suyono, Universitas Negeri Surabaya, Jl. Ketintang, Surabaya 60231

Universitas Negeri Surabaya, Jl. Ketintang, Surabaya 60231

Sri Poedjiastoeti, Universitas Negeri Surabaya, Jl. Ketintang, Surabaya 60231

Universitas Negeri Surabaya, Jl. Ketintang, Surabaya 60231

Published

2015-11-21

How to Cite

Astuti, W. J., Suyono, S., & Poedjiastoeti, S. (2015). REDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP REAKSI REDOKS MELALUI MODEL ECIRR. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 1(1), 78–86. https://doi.org/10.36706/jppk.v1i1.2387

Issue

Section

Articles