PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 1 OKU

Authors

  • Fresti Roza
  • Andi Suharman Universitas Sriwijaya
  • Bety Lesmini Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v2i1.2873

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep kimia siswa dikelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 OKU melalui model pembelajaran Numbered Head Together(NHT) dengan metode eksperimen.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahpenelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan datamenggunakan tes akhir siklus. Tes akhir siklusini digunakan untuk mengetahui pemahamankonsepkimia siswa. Rata-rata ulangan harian siswa sebelum diberi tindakan adalah sebesar51,23 (T0) dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 17,14%. Hasil penelitian menunjukkanbahwa pada siklus I rata-rata hasil tes akhir siklus siswa adalah sebesar 57,22 (T1) denganketuntasan belajar secara klasikal sebesar 38,71%. Pada siklus II rata-rata hasil tes akhir siklussiswa sebesar 63,62 (T2) dengan ketuntasan klasikal sebesar 65,52%. Hal ini menunjukkanadanya peningkatan hasil belajar pada tiap siklus jika dibandingkan dengan siklussebelumnya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran NumberedHead Together (NHT)dengan metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsepkimia siswa namun tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2015-05-01

How to Cite

Roza, F., Suharman, A., & Lesmini, B. (2015). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 1 OKU. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 2(1), 17–22. https://doi.org/10.36706/jppk.v2i1.2873

Issue

Section

Articles