UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X.B SMA NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIM KUIS

Authors

  • Jurinto Jurinto SMA Negeri 1 Indralaya Selatan

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v2i1.2876

Abstract

Penelitian tindakan kelas dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa.Penelitian yang berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X.B SMANegeri 1 Indralaya Selatan Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tim Kuisâ€, bertujuan untukmengetahui hasil belajar kimia siswa di kelas X.B SMA Negeri 1 Indralaya Selatan pada matapelajaran kimia pokok bahasan senyawa hidrokarbon. Subjek penelitian ini adalah siswa kelasX.B SMA N 1 Indralaya Selatan tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 40 siswa.Metodeyang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukantiga siklus setiap siklus dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian data hasil belajarsiswa pada siklus I dengan ketuntasan belajar sebesar 32,5 % (13 orang), siklus II ketuntasanbelajar siswa sebesar 62,5 % (25 orang), dan siklus III ketuntasanbelajarsiswasebesar 87,5 %(35 orang) . Dari tiga siklus yang dilakukan menunjukan terjadinya peningkatan hasil belajarkimia siswa melalui strategi pembelajaran aktif tim kuis.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2015-05-01

How to Cite

Jurinto, J. (2015). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X.B SMA NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIM KUIS. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 2(1), 35–43. https://doi.org/10.36706/jppk.v2i1.2876

Issue

Section

Articles