GAYA BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA SMA

Authors

  • Meydian Elytasari Universitas Sriwijaya
  • Iceng Hidayat Universitas Sriwijaya
  • A Rachman Ibrahim Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v2i1.2877

Abstract

Penelitian deskriptif ini mengungkapkan gaya belajar dan prestasi belajar kimiasiswa SMA. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA, dan sampel adalah kelas XIIPA 1 dan XI IPA 2. Data dikumpulkan dengan teknik triangulasi angket (kuesioner),wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara interaktif dan terusmenerussampai tuntas dengan langkah-langkah analisis yang meliputi reduksi data, displaydata dan membuat kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian yang diperoleh dari dataangket menunjukkan bahwa dari 62 siswa, ada sebanyak 18 siswa (29,03%) yang cenderungmemiliki gaya belajar visual, selanjutnya ada 32 siswa (51,61%) cenderung memiliki gayabelajar auditori, dan 12 siswa lainnya (19,36%) cenderung memiliki gaya belajar campuranyakni gaya visual-auditori. Hasil angket tersebut juga didukung oleh hasil data observasiterhadap guru dan hasil data wawancara terhadap siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwasiswa SMA memiliki jenis-jenis gaya belajar yang meliputi gaya belajar visual, auditori dancampuran. Prestasi Belajar siswa dapat diketahui dari nilai rata-rata siswa yakni sebesar 85,69yang termasuk ke dalam kategori sangat baik. Disarankan kepada guru kimia untukmenyebarkan angket gaya belajar terhadap siswa agar diketahui kecenderungan gaya belajarmasing-masing siswa dan guru mengetahui pola-pola gaya belajar siswa sehingga guru dapatmeningkatkan prestasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2015-05-01

How to Cite

Elytasari, M., Hidayat, I., & Ibrahim, A. R. (2015). GAYA BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 2(1), 44–50. https://doi.org/10.36706/jppk.v2i1.2877

Issue

Section

Articles