PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMAN 1 TANJUNG RAJA

Authors

  • Sri Hartini
  • Sanjaya Sanjaya Universitas Sriwijaya
  • Made Sukaryawan Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v2i1.2880

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan pendekatanSAVI terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMAN 1 Tanjung Raja. Metode penelitianmenggunakan eksperimen semu (quasy experimental) dengan desain penelitian non equivalent(pretest and posttest) control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelasXI IPA SMAN 1 Tanjung Raja. Sampel diambil menggunakan teknik cluster randomsampling. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimenadalah 76,159 dan kelas kontrol adalah 68,928. Nilai posttest kelas eksperimen dan kontrolberdistribusi normal dan kedua varians tergolong homogeny. Uji hipotesis menggunakan uji-tpada taraf signifikan 5%, diperoleh bahwa t(hitung) (3,041) > t(tabel) (2,000). Hasil analisis dataobservasi menunjukkan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen sebesar 77,067% dan kelaskontrol 57,38%. Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan SAVIdapat meningkatkan aktivitas siswa. Berdasarkan uji statistik, dapat disimpulkan bahwapendekatan SAVI berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMAN 1 TanjungRaja.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2015-05-01

How to Cite

Hartini, S., Sanjaya, S., & Sukaryawan, M. (2015). PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMAN 1 TANJUNG RAJA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 2(1), 70–75. https://doi.org/10.36706/jppk.v2i1.2880

Issue

Section

Articles