PENGGUNAAN PENDEKATAN EKSPERIMEN STARTER DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID DI KELAS XI SMA N 1 INDRALAYA

Authors

  • Khomsiah Khomsiah

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v2i1.2882

Abstract

Penelitian yang berjudul “penggunaan pendekatan eksperimen starter dapatmeningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi pokok sistem koloid kelas XI di SMA N 1Indralayaâ€, bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa di kelas XI Ipa 1SMA N 1 Indralaya pada mata pelajaran kimia pokok bahasan sistem koloid. Subjek penelitianini adalah siswa kelas XI Ipa 1 SMA N 1 Indralaya tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 32siswa. Penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan dalam 3siklus. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data hasil belajar siswa pada siklus I denganketuntasan belajar sebesar 68,75% (22 orang), siklus ke II dengan ketuntasan sebesar 75% (24orang), dan siklus ke III dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 84,38% ( 27 orang). Dariketiga siklus menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar kimia siswa melalui pendekataneksperimen starter.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2015-05-01

How to Cite

Khomsiah, K. (2015). PENGGUNAAN PENDEKATAN EKSPERIMEN STARTER DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID DI KELAS XI SMA N 1 INDRALAYA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 2(1), 86–93. https://doi.org/10.36706/jppk.v2i1.2882

Issue

Section

Articles