PENGARUH PERMAINAN MAKE A MATCH BERBASIS METODE CHEMO-EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.36706/jppk.v2i2.2897Abstract
Telah dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan make a match berbasis metode chemo-edutainment terhadap hasil belajar kimia siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasy experimental) dengan desain Nonequivalent Pre-Test and Post-Test Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Palembang tahun ajaran 2013/2014 dengan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Materi yang diajarkan adalah kelarutan dan hasil kali kelarutan. Hasil belajar kimia siswa diukur dengan pemberian pretest dan posttest. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai posttest siswa pada kelas eksperimen mencapai 86,20, sedangkan rata-rata nilai posttest siswa pada kelas kontrol yaitu sebesar 79,80. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikan 5% didapatkan signifikansi sebesar 0,001 (p<0,05) yang berarti bahwa terdapat pengaruh permainan make a match berbasis metode chemo-edutainment terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Palembang.