PENGARUH PERMAINAN MAKE A MATCH BERBASIS METODE CHEMO-EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 PALEMBANG

Authors

  • Reny Marliza
  • S Sanjaya Universitas Sriwijaya
  • Rodi Edi Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v2i2.2897

Abstract

Telah dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan make a match berbasis metode chemo-edutainment terhadap hasil belajar kimia siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasy experimental) dengan desain Nonequivalent Pre-Test and Post-Test Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Palembang tahun ajaran 2013/2014 dengan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Materi yang diajarkan adalah kelarutan dan hasil kali kelarutan. Hasil belajar kimia siswa diukur dengan pemberian pretest dan posttest. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai posttest siswa pada kelas eksperimen mencapai 86,20, sedangkan rata-rata nilai posttest siswa pada kelas kontrol yaitu  sebesar 79,80. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikan 5% didapatkan signifikansi sebesar 0,001 (p<0,05) yang berarti bahwa  terdapat  pengaruh permainan make a match berbasis metode chemo-edutainment terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Palembang.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-08-06

How to Cite

Marliza, R., Sanjaya, S., & Edi, R. (2018). PENGARUH PERMAINAN MAKE A MATCH BERBASIS METODE CHEMO-EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 PALEMBANG. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 2(2), 117–127. https://doi.org/10.36706/jppk.v2i2.2897

Issue

Section

Articles