PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR 7E PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI KELAS XI IPA MAN 2 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.36706/jppk.v2i2.2901Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia dengan penerapan model pembelajaran Siklus Belajar 7E di kelas XI IPA 3 MAN 2 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes akhir belajar siswa yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Rata - rata hasil belajar siswa sebelum tindakan (T0) adalah 72,09 dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 39,58%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan rata - rata hasil belajar siswa (T1) 76,93 dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 63,03%, setelah tindakan siklus pada siklus II rata - rata hasil belajar siswa (T2) kembali meningkat 86,07 dengan persentase keetuntasan sebesar 82,61% dan pada siklus III terjadi juga peningkatan rata - rata hasil belajar siswa (TÂ3) 86,07 dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 89,12%. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Siklus Belajar 7E dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia di kelas XI IPA 3 MAN 2 Palembang. Guru disarankan untuk menerapkan model pembelajaran Siklus Belajar 7E dalam kegiatan pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2018-08-06
How to Cite
Ferdian, M., Abdurrachman, F., & Edi, R. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR 7E PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI KELAS XI IPA MAN 2 PALEMBANG. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 2(2), 144–161. https://doi.org/10.36706/jppk.v2i2.2901
Issue
Section
Articles