PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM LAJU REAKSI BERBASIS GUIDED DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI KELAS XI IPA SMA

Authors

  • Murtiarni Putri
  • K Anom W Universitas Sriwijaya
  • A Ibrahim Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v2i2.2902

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengukur kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan  petunjuk praktikum laju reaksi berbasis guided discovery. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desain penelitian ADDIE dan evaluasi formatif Tessmer meliputi self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test evaluation. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi, lembar angket kepraktisan, dan lembar soal pretest-postest. Subjek penelitian tahap expert review yaitu, ahli pedagogik, content, dan desain. Subjek one-to-one dan small group evaluation yaitu kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Indralaya dan SMA Srijaya Negara. Subjek field test yaitu kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Indralaya dan XI MIA 1 SMA Srijaya Negara. Tahap expert review didapatkan skor validasi aspek pedagogik 3,15 (valid), aspek content 3,25 (sangat valid), dan aspek desain 3,00 (valid). Skor kepraktisan tahap one-to-one 3,01 (praktis) dan tahap small group 3,25 (sangat praktis). Perolehan skor gain tahap field test terhadap prototype III di SMA Negeri 1 Indralaya diperoleh 0,62 (skor gain sedang) dan di SMA Srijaya Negara 0,60 (skor gain sedang). Hasil perolehan gain skor menunjukkan bahwa keefektifan petunjuk praktikum terkategori sedang. Hasil penelitian ini ialah petunjuk praktikum laju reaksi berbasis guided discovery yang valid, praktis, dan efektif pada mata pelajaran kimia di kelas XI IPA SMA. Guru diharapkan dapat menggunakan petunjuk praktikum laju reaksi berbasis guided discovery dalam pelaksanaan kegiatan praktikum di laboratorium.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-08-06

How to Cite

Putri, M., W, K. A., & Ibrahim, A. (2018). PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM LAJU REAKSI BERBASIS GUIDED DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI KELAS XI IPA SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 2(2), 175–185. https://doi.org/10.36706/jppk.v2i2.2902

Issue

Section

Articles