KESIAPAN GURU KIMIA SMA NEGERI PALEMBANG DALAM MENDUKUNG PENERAPAN KURIKULUM 201

Authors

  • Dewi Purnama Sari
  • Iceng Hidayat Universitas Sriwijaya
  • Bety Lesmini Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v2i2.2903

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan kesiapan guru kimia dalam mendukung penerapan Kurikulum 2013 ditinjau dari aspek-aspek: pelatihan, RPP, dan pembelajaran di kelas. Penelitian deskriptif ini bersifat eksploratif kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan triangulasi teknik dengan subjek 13 guru kimia kelas X SMAN Palembang. Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksi, penyajian, dan verifikasi. Kendala-kendala guru dalam penerapan Kurikulum 2013 adalah pelatihan guru, ketersediaan buku, dan fasilitas yang kurang memadai. Sedangkan di kelas, guru harus menghadapi siswa yang melebihi kapasitas ruang sehingga menghambat beberapa penerapan pendekatan saintifik. Hasil penelitian menunjukkan guru belum siap dikarenakan pelatihan bersifat informasi teoritik dalam waktu yang singkat, RPP telah dikembangkan sesuai permendikbud nomor 81A, namun penerapannya tidak konsekuen dan konsisten. Direkomendasikan agar pelatihan guru dilaksanakan secara merata dan berkelanjutan untuk meningkatkan kreatifitas dan profesionalitas, seperti melakukan PTK dan menerapkan teknologi multimedia dalam pembelajaran inovatif. Sarana dan prasarana sekolah perlu ditingkatkan untuk memudahkan guru melaksanakan kewajibannya sesuai tuntutan perundang-undangan dalam mendukung kesuksesan Kurikulum 2013.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-08-06

How to Cite

Sari, D. P., Hidayat, I., & Lesmini, B. (2018). KESIAPAN GURU KIMIA SMA NEGERI PALEMBANG DALAM MENDUKUNG PENERAPAN KURIKULUM 201. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 2(2), 162–174. https://doi.org/10.36706/jppk.v2i2.2903

Issue

Section

Articles