UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 INDERALAYA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE)

Authors

  • Dwi Dhania Yuri
  • Made Sukaryawan Universitas Sriwijaya
  • Jejem Mujamil Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v2i2.2904

Abstract

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri I Inderalaya Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE).

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Inderalaya melalui strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE). Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga  siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes akhir siklus. Tes akhir siklus ini digunakan untuk mengetahui hasil belajar kimia siswa. Rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum diberi tindakan adalah sebesar 47,50 (T0) dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 6,67%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberi tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa pada tes akhir siklus mengalami peningkatan yaitu menjadi 47,79 (T1) dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 24,14%. Pada siklus II rata-rata hasil tes akhir siklus siswa sebesar 68,88 (T2) dengan ketuntasan klasikal sebesar 48%, dan rata-rata hasil tes akhir siklus III adalah sebesar 81,97 (T3) dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 86,67%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa di kelas XI IPA 3 SMA Negeri I Inderalaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-08-06

How to Cite

Yuri, D. D., Sukaryawan, M., & Mujamil, J. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 INDERALAYA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE). Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 2(2), 186–197. https://doi.org/10.36706/jppk.v2i2.2904

Issue

Section

Articles