PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KTSP PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI KELAS XI DI SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG

Authors

  • Geby Riyanti Utami Universitas Sriwijaya
  • Jejem Mujamil Sriwijaya University
  • Effendi Nawawi Sriwijaya University

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v3i2.8162

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran KTSP  pada  Mata  Pelajaran Kimia di Kelas XI di SMA Srijaya Negara Palembang. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran KTSP di kelas XI IPA PLUS 1 SMA Srijaya Negara Palembang pada materi laju reaksi.Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan.Data hasil belajar siswa didapat dari tes hasil belajar. Rata-rata skor hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan (T0) sebesar 55,13 dengan ketuntasan sebesar 27,78%. Rata-rata skor hasil belajar siswa setelah penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran KTSP pada siklus I (T1) meningkat menjadi 72,56 dengan ketuntasan sebesar 61,11%. Pada siklus II (T2)  sebesar 83,56 dengan ketuntasan sebesar 88,88%. Dari hasil tersebut terlihat bahwa T2>T1>T0 sehingga dapat disimpulkan bahwa Rencana Pelaksaan Pembelajaran KTSP, dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa.Disarankan bagi guru untuk menerapkan Rencana Pelaksaan Pembelajaran KTSP pada kegiatan pembelajaran di kelas agar hasil belajar siswa meningkat.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti menyarankan agar Rencana Pelaksaan Pembelajaran KTSP ini dapat diterapkan oleh guru-guru kimia dalam pembelajaran di kelas sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-06-19

How to Cite

Utami, G. R., Mujamil, J., & Nawawi, E. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KTSP PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI KELAS XI DI SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 3(2), 159–167. https://doi.org/10.36706/jppk.v3i2.8162

Issue

Section

Articles