PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA MATERI STOIKIOMETRI KELAS X BERBASIS MASALAH DI SMA N 3 PALEMBANG

Authors

  • Henny Listriani Universitas Sriwijaya
  • Tatang Suhery Sriwijaya University
  • Effendi Nawawi Sriwijaya University

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v4i1.8207

Abstract

Pengembangan Bahan Ajar Kimia Materi Stoikiometri Kelas X Berbasis Masalah di SMA N 3 Palembang.Pengembangan Bahan Ajar kimia Materi Stoikiometri Kelas X Berbasis Masalah di SMA N 3 Palembang telah diujicobakan di kelas X Mia 2 SMA N 3 Palembang. Bahan Ajar yang Valid, Praktis dan Efektif menggunakan model pengembangan Rowntree dan evaluasi formatif Tessmer. Tahap Expert Review diperoleh rata-rata skor 4,16. Tahap one-to-one dan small group diperoleh skor 4,51. Dan berdasarkan tes hasil belajar siswa yaitu kelas ujicoba dan kelas biasa, nilai pretest kelas uji coba  22,14.  nilai pretest kelas biasa 21,85 sedangkan nilai post test kelas uji coba yaitu 91, 14. dan nilai post test kelas biasa 79,42. Data tersebut menunjukkan hasil belajar siswa yang menggunakan Bahan Ajar Kimia Materi Stoikiometri Kelas X Berbasis Masalah lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Bahan ajar Kimia Materi Stoikiometri Kelas X Berbasis Masalah. dari data diatas dapat disimpulkan bahwa Bahan ajar kimia Materi Stoikiometri Kelas X Berbasis Masalah dinyatakan Valid, Praktis dan Efektif. Saran peneliti bagi guru untuk dapat mengembangkan dan menggunakan  bahan ajar kimia Materi Stoikiometri Kelas X Berbasis Masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-06-19

How to Cite

Listriani, H., Suhery, T., & Nawawi, E. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA MATERI STOIKIOMETRI KELAS X BERBASIS MASALAH DI SMA N 3 PALEMBANG. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 4(1), 52–61. https://doi.org/10.36706/jppk.v4i1.8207

Issue

Section

Articles