PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER MATERI REDOKS DI KELAS X

Authors

  • Nia Oktaria Universitas Sriwijaya
  • Fakhili Gulo Sriwijaya University
  • H. Hartono Sriwijaya University

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v4i1.8208

Abstract

Pengembangan Modul Interaktif Berbasis Komputer Materi Redoks di Kelas X. Pengembangan modul interaktif berbasis komputer materi redoks telah dilakukan dan diterapkan di Kelas X.F SMAN 1 Tanjung Batu. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan ADDIE dan Tessmer Evaluation. Kevalidan modul interaktif ini dinilai oleh tiga pakar yakni ahli materi, ahli desain, dan ahli pedagogik. Kevalidan materi memiliki rata-rata skor sebesar 3,48 dengan kategori valid, kevalidan desain memilik rata-rata skor sebesar 3,00 dengan kategori valid, dan kevalidan pedagogik memilik rata-rata skor sebesar 3,30 dengan kategori valid. Kepraktisan modul interaktif dilhat dari data angket one to one dan small group dengan rata-rata skor angket kepraktisan sebesar 3,40 dengan kategori praktis. Berdasarkan test hasil belajar, nilai n-gain yang didapatkan dari hasil pretest dan posttest adalah sebesar 0,44 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa modul interaktif ini tergolong efektif untuk digunakan dalam pembelajaran kimia materi redoks.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-06-19

How to Cite

Oktaria, N., Gulo, F., & Hartono, H. (2019). PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER MATERI REDOKS DI KELAS X. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 4(1), 62–69. https://doi.org/10.36706/jppk.v4i1.8208

Issue

Section

Articles