PENGEMBANGAN MODUL LAJU REAKSI BERBASIS KONSTRUKTIVISME LIMA FASE NEEDHAM DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI PALEMBANG

Authors

  • Made Sukaryawan
  • Saripah Salbiah
  • Muhd Ibrahim Ibrahim

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v5i1.8399

Keywords:

Modul Laju reaksi, Konstruktivisme Lima Fasa Needham

Abstract

Pengembangan Modul Laju Reaksi Berbasis Konstruktivisme Lima Fase Needham dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa di Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul laju reaksi berbasis Konstruktivisme Lima Fasa Needham (K5FN). Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengaruh modul K5FN terhadap hasil belajar siswa. Modul K5FN dikembangkan berdasarkan model Rowntree-Tessmer yang meliputi tiga tahap: perencanaan, pengembangan prototype dan penilaian. Instrumen penelitian terdiri dari pra tes, pos tes, angket dan pedoman wawancara dan instrumen  penelitian  ini telah dipastikan kevalidannya  oleh panel pakar. Penelitian kuasi  eksperimen  dijalankan  dengan  melibatkan  189  siswa  kelas  sebelas  di  tiga  buah sekolah menengah di Kota Palembang. Sejumlah 89 siswa dalam kumpulan eksperimen yang mengikuti pembelajaran menggunakan modul K5FN, selebihnya kumpulan kontrol melalui  pembelajaran  konvensional.  Data  penelitian  dianalisis  secara  deskriptif  dan inferensi menggunakan statistik ancova untuk mengetahui perbedaan hasil belajar. Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa  modul  laju  reaksi  yang  dihasilkan  valid  aspek  materi dengan nilai K=0,88 aspek pedagogi K=0,93 dan aspek desain K=1. Interpretasi Kappa semuanya katagori sangat baik. Hasil uji terbatas satu lawan satu diperoleh rerata 3,97 skala likert dan kelompok kecil diperoleh rerata 4,01 skala likert, kategori praktis. Nilai Gain diperoleh 0,73 berarti modul yang dihasilkan memiliki keefektifan yang tinggi. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat perbedaan signifikan (F=31.417, p=0.000) terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan modul K5FN dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional. Kesimpulannya, penggunaan modul laju reaksi berbasis K5FN dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-22

How to Cite

Sukaryawan, M., Salbiah, S., & Ibrahim, M. I. (2019). PENGEMBANGAN MODUL LAJU REAKSI BERBASIS KONSTRUKTIVISME LIMA FASE NEEDHAM DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI PALEMBANG. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 5(1), 19–31. https://doi.org/10.36706/jppk.v5i1.8399

Issue

Section

Articles