ANALISIS KELAYAKAN BUKU TEKS KIMIA SMA/MA KELAS X MATERI REAKSI REDOKS BERDASARKAN KRITERIA TAHAP SELEKSI 4S TMD

Authors

  • Sjaeful Anwar Sriwijaya University
  • Nenden Noviyanti Universitas Pendidikan Indonesia
  • H Hendrawan Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v4i2.8405

Keywords:

Buku teks, reaksi redoks, 4S TMD.

Abstract

Analisis Kelayakan Buku Teks Kimia SMA/Ma Kelas X Materi Reaksi Redoks Berdasarkan Kriteria Tahap Seleksi 4S TMD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi reaksi redoks dalam buku teks yang digunakan di sebagian besar SMA/MA di Kota Bandung berdasarkan kriteria tahap seleksi dari 4S TMD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluatif dengan metode analisis konten. Terdapat tiga kriteria tahap seleksi dari 4S TMD. Kriteria pertama adalah kesesuaian dengan tuntutan kurikulum, hasilnya memperlihatkan bahwa materi redoks pada objek penelitian belum sepenuhnya sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Ditinjau dari keluasan materi, terdapat satu konsep yang tidak dituntut oleh kurikulum, tetapi dimuat pada materi di buku tersebut sehingga materi terlalu luas. Dengan demikian, secara umum keluasan materi belum sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Ditinjau dari kedalaman konsep, dari 11 konsep tuntutan kurikulum, tiga konsep dinyatakan kurang dalam dalam menjelaskan konsepnya dan satu konsep dinyatakan terlalu dalam. Berdasarkan kriteria kedua, yaitu kebenaran konsep, diketahui bahwa secara keseluruhan semua konsep dinyatakan benar secara keilmuan menurut teks (konsep) standar kimia. Berdasarkan kriteria ketiga, yaitu penanaman nilai, diperoleh bahwa nilai-nilai yang ditanamkan pada materi redoks pada buku tersebut yaitu rasa ingin tahu, religius, kreatif, dan jujur.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-06-22

How to Cite

Anwar, S., Noviyanti, N., & Hendrawan, H. (2019). ANALISIS KELAYAKAN BUKU TEKS KIMIA SMA/MA KELAS X MATERI REAKSI REDOKS BERDASARKAN KRITERIA TAHAP SELEKSI 4S TMD. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 4(2), 97–104. https://doi.org/10.36706/jppk.v4i2.8405

Issue

Section

Articles