PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KIMIA KELAS XI SMA NEGERI 14 PALEMBANG

Authors

  • Citra Oktasari Sriwijaya University
  • Fuad Abd. Rachman Universitas Sriwijaya
  • H Hartono Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v4i2.8418

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Model Quantum Teaching, Hasil Belajar Kimia

Abstract

Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kimia Kelas Xi Sma Negeri 14 Palembang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran kimia sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kimia kelas XI IPA 1 SMA Negeri 14 Palembang melalui penerapan model Quantum Teaching. Penelitian tindakan kelas menggunakan model Quantum Teaching terdiri dari enam tahapan yang disingkat dengan TANDUR yaitu Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 14 Palembang dengan jumlah siswa 40 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan (T0) sebesar 51,82 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 10%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (T1) adalah 68,4 dengan persentase ketuntasan belajar 47,37%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II (T2) adalah 78,9 dengan persentase ketuntasan belajar 78,9%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus III (T3) adalah 84,4 dengan persentase ketuntasan belajar 86,84%. Berdasarkan data observasi keaktifan siswa, terjadi peningkatan aktifitas siswa yaitu pada siklus I sebesar 50,64%, siklus II sebesar 63,03% dan siklus III sebesar 73,76%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-06-22

How to Cite

Oktasari, C., Rachman, F. A., & Hartono, H. (2019). PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KIMIA KELAS XI SMA NEGERI 14 PALEMBANG. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 4(2), 119–129. https://doi.org/10.36706/jppk.v4i2.8418

Issue

Section

Articles