PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA TERINTEGRASI KEWIRAUSAHAAN, PENDEKATAN STEM DAN PBL

Authors

  • K Anom
  • Made Sukaryawan
  • Maefa Eka Haryani

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v5i1.8419

Keywords:

Modul Pembelajaran, Science Technology Enginering and Matematics

Abstract

Tujuan penelitian adalah tersusunnya Modul Pembelajaran Kimia pada Mata Kuliah KewirausahaanTerintegrasi STEM dan PBLuntuk berwirausaha yang valid,   praktis,    dan   efektif.   Manfaat   Penelitian,   berwirausaha   alternatif menciptakan lapangan pekerjaan membantu meningkatkan kesejahtaraan manusia. Hasil uji coba Modul Pembelajaran ini memenuhi kriteria efektif. Hal ini dikarenakan saat uji coba memecahkan masalah lapangan pekerjaan telah dapat menyusun desain pemecahan diantaranyaAgrobisnis di Belitang, Sumatera Selatan. Simpulan, Modul ini valid, praktis, dan efektif. Modul ini dinyatakan valid berdasarkan penilaian ketiga validator, validaasi pedagogi 4,00 (sangat valid), validasi content  3,88  (sangat  valid) dan validasi disain 3,83 (sangat logis/sistematis). Kepraktisan Modul ini didapat dari hasil wawancara pada tahap one-to-one  dan  small  group.  Nilai  yang  diperoleh  pada  tahap  one-to-one  4,0 (sangat praktis) dan tahap small group 4,0 (sangat praktis)

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-22

How to Cite

Anom, K., Sukaryawan, M., & Haryani, M. E. (2019). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA TERINTEGRASI KEWIRAUSAHAAN, PENDEKATAN STEM DAN PBL. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 5(1), 56–64. https://doi.org/10.36706/jppk.v5i1.8419

Issue

Section

Articles