PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (MPPKB) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 TANJUNG RAJA

Authors

  • Paramita Dewi
  • Andi Suharman
  • Jejem Mujamil

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v5i1.8422

Keywords:

Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (MPPKB), Pemahaman Konsep Kimia

Abstract

Penelitan ini  bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep kimia siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Tanjung Raja dengan menggunakan Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir  (MPPKB).  Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data  dilakukan  dengan  menguunakan  tes  yang  dilakukan  diakhir siklus. Terjadi peningkatan pemahaman konsep kimia siswa yang tercermin dari rata-rata hasil belajar dan ketuntasan siswa. Hasil belajar dan ketuntatsan siswa sebelum tindakan adalah59.2 dan 22.22% , siklus I 61.98  dan 25%, siklus II 73.26 dan 58.33%, siklus III 80.91 dan 86.11%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-22

How to Cite

Dewi, P., Suharman, A., & Mujamil, J. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (MPPKB) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 TANJUNG RAJA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 5(1), 75–80. https://doi.org/10.36706/jppk.v5i1.8422

Issue

Section

Articles