PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (MPPKB) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 TANJUNG RAJA
DOI:
https://doi.org/10.36706/jppk.v5i1.8422Keywords:
Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (MPPKB), Pemahaman Konsep KimiaAbstract
Penelitan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep kimia siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Tanjung Raja dengan menggunakan Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (MPPKB). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menguunakan tes yang dilakukan diakhir siklus. Terjadi peningkatan pemahaman konsep kimia siswa yang tercermin dari rata-rata hasil belajar dan ketuntasan siswa. Hasil belajar dan ketuntatsan siswa sebelum tindakan adalah59.2 dan 22.22% , siklus I 61.98 dan 25%, siklus II 73.26 dan 58.33%, siklus III 80.91 dan 86.11%.