PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA PADA PEMBELAJARAN STOIKIOMETRI

Authors

  • N Nurhidayah Sriwijaya University
  • K Anom W Universitas Sriwijaya
  • Diah Kartika Sari Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v5i2.8434

Keywords:

Penelitian Pengembangan, Multimedia, Stoikiometri, Valid, Praktis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis multimedia pada pembelajaran stoikiometri yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode penelitian pengembangan ADDIE Tessmer. Tahapan pengembangan ADDIE pada penelitian ini meliputi tahap analisis, tahap desain, dan tahap pengembangan. Tahapan evaluasi formatif Tessmer pada penelitian ini meliputi self evaluation, expert review evaluation, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Pada saat expert review evaluation menggunakan ahli pedagogik, ahli materi (content), dan ahli desain. Hasil yang diperoleh pada tahap expert review evaluation merujuk pada kriteria skor kevalidan didapat skor akhir validasi aspek pedagogik 8,77 (sangat valid), aspek materi 8,37 (sangat valid), dan aspek desain 8,49 (sangat valid). Pelaksanaan penelitian tahap oneto-one evaluation dan tahap small group evaluation di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Palembang. Tahap one-to-one dilakukan uji coba produk kepada 3 mahasiswa Pendidikan Fisika didapat skor akhir kepraktisan 9,61 (sangat praktis) merujuk pada kriteria skor kepraktisan. Tahap small group dilakukan uji coba kepada 6 mahasiswa Pendidikan Fisika didapat skor akhir kepraktisan 9,55 (sangat praktis) merujuk pada kriteria skor kepraktisan. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar stoikiometri yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-06-22

How to Cite

Nurhidayah, N., W, K. A., & Sari, D. K. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA PADA PEMBELAJARAN STOIKIOMETRI. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 5(2), 93–99. https://doi.org/10.36706/jppk.v5i2.8434

Issue

Section

Articles