PENGEMBANGAN MODUL KESETIBAMBANGAN KIMIA BERBASIS KONSTRUKTIVISME LIMA FASE NEEDHAM

Authors

  • Bella Tri Utami Sriwijaya University
  • Made Sukaryawan Universitas Sriwijaya
  • Jejem Mujamil Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v5i2.8436

Keywords:

Penelitian Pengembangan, Modul Kesetimbangan Kimia, Konstruktivisme, Lima Fase Needham

Abstract

Penelitian Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Konstruktivisme Lima Fase Needham merupakan penelitian pengembangan, dengan menggunakan model pengembangan Rowntree dan dimodifikasi dengan evaluasi formatif Tessmer. Teknik pengumpulan data berupa lembar validasi untuk data kevalidan, lembar angket untuk kepraktisan, tes untuk data keefektifan peserta didik. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu: perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Pada tahap evaluasi menggunakan model evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari: Self Evaluation, Expert Review, One To One dan Small Group. Pada expert review terdapat ahli materi, ahli pedagogi dan ahli desain diperoleh rerata 0,736 skala Aiken dengan kategori valid. Tahap ujicoba one to one dilakukan oleh 3 peserta didik diperoleh rerata 4,44 skala Likert (sangat praktis) dan ujicoba small group dilakukan oleh 6 peserta didik diperoleh rerata 4,32 skala Likert (sangat praktis), sehingga diperoleh rerata dari keduanya sebesar 4,32 skala Likert yang termasuk kategori sangat praktis. Hasil tabel rentang kategori N-gain menunjukkan nilai 0,4 adalah kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Konstruktivisme Lima Fase Needham yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-06-22

How to Cite

Utami, B. T., Sukaryawan, M., & Mujamil, J. (2019). PENGEMBANGAN MODUL KESETIBAMBANGAN KIMIA BERBASIS KONSTRUKTIVISME LIMA FASE NEEDHAM. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 5(2), 114–125. https://doi.org/10.36706/jppk.v5i2.8436

Issue

Section

Articles