HASIL BELAJAR MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN MODUL LARUTAN ELEKTROLIT DAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN BERBASIS STEM-PROBLEM BASED LEARNING PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA

Authors

  • Zakia Winda Universitas Sriwijaya
  • Tatang Suhery Universitas Sriwijaya
  • D Desi Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v6i1.8483

Keywords:

Metode eksperimen semu, modul larutan elektrolit dan sifat koligatif larutan, STEM-Problem Based Learning, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa antara pembelajaran modul larutan elektrolit dan sifat koligatif larutan berbasis STEM-Problem Based Learning dengan pembelajaran konvensional di FKIP Universitas Sriwijaya. Teknik pengumpulan data menggunakan pra tes, pos tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 7,389 dan nilai ttabel sebesar 1,671. Berdasarkan hasil uji-t dapat disimpulkan thitung> ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar mahasiswa antara pembelajaran modul larutan elektrolit dan sifat koligatif larutan berbasis STEM-Problem Based Learning dengan pembelajaran konvensional di FKIP Universitas Sriwijaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-06-22

How to Cite

Winda, Z., Suhery, T., & Desi, D. (2019). HASIL BELAJAR MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN MODUL LARUTAN ELEKTROLIT DAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN BERBASIS STEM-PROBLEM BASED LEARNING PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 6(1), 12–17. https://doi.org/10.36706/jppk.v6i1.8483

Issue

Section

Articles