PENGEMBANGAN MODUL KOLOID BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP(CEP) UNTUK KELAS XI SMAN 9 PALEMBANG

Authors

  • Ummi Khairani Urfa Universitas Sriwijaya
  • S Sanjaya Universitas Sriwijaya
  • K Anom W Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v6i1.8485

Keywords:

chemoentrepreneurship (CEP), koloid, pengembangan

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengembangan Modul Koloid Berorientasi Chemoentrepreneurship (CEP) Untuk Kelas XI SMAN 9 Palembang” dirancang dengan dasain Development Research yang mengikuti model pengembangan ADDETessmer. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul koloid berorientasi chemoentrepreneurship (CEP) yang valid, praktis, dan efektif. Pengumpulan data menggunakan metode walkthrough, angket, dan tes. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif, data hasil penelitian dianalisis dengan cara menghitung rerata skor dan menentukan kriteria pada katagori penilaian tertentu. Hasil analisis menunjukan bahwa modul memperoleh rata-rata skor validasi sebesar 3,3 dari validator dan 3,28 dari rata-rata skor angket tiga siswa, sehingga dinyatakan praktis, modul dinyatakan sangat praktis karena memperoleh rata-rata skor dari data angket siswa sebesar 3,33 dan dinyatakan efektif karena memperoleh rata-rata skor dari tes hasil belajar siswa sebesar 75,86 dalam kategori baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa modul koloid berorientasi chemoentrepreneurship (CEP) yang dihasilkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif. 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-06-22

How to Cite

Urfa, U. K., Sanjaya, S., & W, K. A. (2019). PENGEMBANGAN MODUL KOLOID BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP(CEP) UNTUK KELAS XI SMAN 9 PALEMBANG. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 6(1), 25–33. https://doi.org/10.36706/jppk.v6i1.8485

Issue

Section

Articles