Profil ketrampilan berpikir kreatif pada perkuliahan praktikum Biokimia di jenjangS1 Prodi Pendidikan Kimia menuju era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) Studi kasus di beberapa LPTK

Authors

  • Diah Kartika Sari [Scopus ID: 57195054384], Chemistry Education Study Program in Sriwijaya University

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v6i2.9871

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil ketrampilan berpikir kreatif pada perkuliahan praktikum Biokimia di program studi pendidikan pada beberapa LPTK. Ketrampilan berpikir kreatif dinilai sebagai salah satu ketrampilan yang wajib dimiliki oleh mahasiswa program studi pendidikan kimia pada  era masyarakat ekonomi ASEAN. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subyek program studi pendidikan kimia pada tiga LPTK. Kajian bersumber pada perangkat pembelajaran dalam perkuliahan praktikum Biokimia berupa silabus, satuan acara perkuliahan dan asesmen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketrampilan berpikir kreatif yang belum terakomodasi pada program perkuliahan praktikum biokimia. Hal ini terlihat baik dari tujuan perkuliahan, kompetensi perkuliahan, indikator perkuliahan dan juga asesmen perkuliahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Diah Kartika Sari, [Scopus ID: 57195054384], Chemistry Education Study Program in Sriwijaya University

Lecturer in Chemistry Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Sriwijaya University

Published

2019-12-22

How to Cite

Sari, D. K. (2019). Profil ketrampilan berpikir kreatif pada perkuliahan praktikum Biokimia di jenjangS1 Prodi Pendidikan Kimia menuju era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) Studi kasus di beberapa LPTK. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 6(2), 68–74. https://doi.org/10.36706/jppk.v6i2.9871

Issue

Section

Articles