IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA MATERI TATANAMA SENYAWA DENGAN METODE CRI BAGI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN KIMIA FTK UIN AR-RANIRY

Authors

  • Hayatul Zakiyah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Fitriasari Fitriasari

DOI:

https://doi.org/10.36706/jppk.v9i2.18965

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan tes awal menunjukkan adanya miskonsepsi yang terjadi pada mahasiswa yakni pada materi tatanama senyawa. Mahasiswa mengalami kesulitan dalam memberikan tatanama senyawa anorganik karena banyaknya aturan yang harus di  perhatikan, serta kurangnya kemampuan dan intuisi mahasiswa yang salah dalam memahami tatanama senyawa juga menjadi penyebab timbulnya miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi mahasiswa pada materi tatanama senyawa dengan metode Certainty of Response (CRI). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi tahap wawancara, persiapan dan pelaksanaan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia angkatan 2019, 2020, dan 2021 yang masing-masing angkatan sejumlah 25 orang. Pengolahan data dilakukan dengan mengelompokkan mahasiswa ke dalam 4 kelompok dengan menggunakan tes diagnostik yang dilengkapi CRI, kemudian data diolah menggunakan teknik perhitungan persentase dan di kategorikan tingkat miskonsepsinya. Hasil penelitian pada mahasiswa angkatan 2019 diperoleh persentase rata-rata miskonsepsi tertinggi terjadi pada indikator soal persamaan reaksi yaitu sebesar 23,2% tergolong dalam kategori rendah. Persentase rata-rata miskonsepsi tertinggi pada angkatan 2020 terjadi pada indikator soal tatanama senyawa ion dan persamaan reaksi yaitu sebesar 36,8% dan 37,6% tergolong dalam kategori sedang. Persentase rata-rata miskonsepsi tertinggi pada angkatan 2021 terjadi pada indikator soal persamaan reaksi yaitu sebesar 20,8% tergolong dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil analisis, penyebab miskonsepsi terjadi karena mahasiswa tidak memahami konsep dengan baik dan menghubungkan konsep dengan konsep yang lain, intuisi yang salah, tidak hafal dengan lambang atau unsur, dan tingkat keyakinan CRI yang dipilih terlalu tinggi pada jawaban yang salah sehingga menyebabkan miskonsepsi. 

Kata Kunci: Miskonsepsi; Certainty of Response(CRI); Tatanama Senyawa

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Hayatul Zakiyah, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Program studi S1 pendidikan kimia

Published

2022-12-25

How to Cite

Zakiyah, H., & Fitriasari, F. (2022). IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA MATERI TATANAMA SENYAWA DENGAN METODE CRI BAGI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN KIMIA FTK UIN AR-RANIRY. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 9(2), 121–141. https://doi.org/10.36706/jppk.v9i2.18965

Issue

Section

Articles